Beberapa Kebiasaan Buruk Yang Bisa Menyebabkan Perut Menjadi Buncit

Memiliki perut buncit merupakan sebuah mimpi buruk bagi orang tersebut. Karena memiliki perut yang buncit itu selain tidak sehat juga bisa mengurangi penampilan anda. Perlu diketahui bahwa perut buncit ini tidak selalu identik dengan berat badan yang tidak ideal atau kegemukkan. Karena perut buncit ini juga bisa terjadi pada orang yang memiliki berat badan yang ideal juga. Selain itu, untuk mengetahui apakah orang tersebut dikategorikan memiliki perut buncit atau tidak bisa dilihat dari ukuran lingkar pinggang. Jika lingkar pinggang perempuan lebih dari 80 cm dan laki-laki lebih dari 90 cm maka orang tersebut bisa termasuk ke dalam orang yang memiliki perut buncit. Memang banyak sekali penyebab perut buncit ini. Bahkan penyebab tersebut bisa dilakukan baik secara sadar maupun tidak sadar. Maka dari itu, dalam kesempatan kali ini akan membahas tentang beberapa kebiasaan buruk yang bisa menyebabkan perut menjadi buncit sebagai berikut ini :

Perut Menjadi Buncit

1. Mengkonsumsi Alkohol
Salah satu kebiasaan buruk pertama yang bisa membuat perut buncit adalah mengkonsumsi alkohol. Bahkan alkohol ini selain bisa membuat perut buncit juga bisa menyebabkan terjadinya berbagai macam penyakit. Hal ini dikarenakan kandungan gula serta kalori pada alkohol ini tidak baik bagi kesehatan tubuh. Misalnya, 1 gelas bir memiliki kandungan sebanyak 150 kalori yang setara dengan kalori dari tujuh keping biskuit susu maupun es serut dengan topping susu dan kacang merah. Jadi, coba bayangkan oleh anda berapa banyak kalori yang anda konsumsi jika mengkonsumsi alkohol dengan jumlah yang sangat banyak? Tentunya tubuh anda akan banyak sekali kalori yang bisa menyebabkan kegemukkan, terutama lemak pada perut.

2. Waktu Istirahat Yang Kurang
Seperti yang diketahui, bahwa orang dewasa sebaiknya tidur 7-8 jam /hari. Namun karena kesibukkan aktivitas sehari-hari, kadang bisa menyita waktu tidur sehingga anda tidak bisa tidur dengan waktu yang cukup. Karena pada saat tidur, tubuh akan memproduksi hormon leptin yang berfungsi untuk mengatur rasa lapar dan haus. Jadi, jika anda kurang tidur maka akan mengganggu produksi hormon leptin tersebut yang akhirnya akan membuat hormon leptin menyimpan lemak pada perut. Selain itu, menurut sebuah penelitian mengungkapkan bahwa orang yang kurang tidur cenderung bisa memperlambat proses pembakaran lemak. Bukan hanya itu, orang yang kurang tidur juga cenderung bisa menambah asupan kalori sebanyak 500 kalori pada keesokan harinya. 

3. Suka Merokok
Banyak orang yang memiliki anggapan bahwa merokok bisa mengurangi berat badan. Memang dalam jangka pendek rokok bisa memberikan efek penurunan nafsu makan serta meningkatkan pembuangan energi. Namun disisi lain rokok juga bisa mengakibatkan perut buncit. Ada sebuah penelitian yang menyatakan bahwa seorang perokok memang memiliki bera badan yang lebih rendah, namun mereka memiliki lingkar pinggang yang lebih besar jika dibandingkan dengan orang yang tidak merokok. Selain itu, rokok juga bisa mengubah penyebaran lemak di tubuh sehingga membuat lemak tertumpuk di area perut yang bisa menyebabkan perut buncit.

4. Banyak Mengkonsumsi Gula
Memang bersantai itu enaknya ngemil makanan atau minuman yang manis. Akan tetapi, dengan mengkonsumsi makanan atau minuman yang manis yang berlebihan bisa menyebabkan perut menjadi buncit. Bukan hanya itu, terlalu banyak mengkonsumsi gula juga bisa menyebakan penyakit lainnya seperti diabetes, obesitas, kanker dan jantung.

Faktor penyebab lainnya yang bisa membuat perut buncit adalah jarangnya berolahraga, banyak mengkonsumsi makanan siap saji/instan, kurang minum air putih, dan lain sebagainya. Demikianlah artikel kali ini semoga bermanfaat.
Share:

0 komentar:

Post a Comment